Kritik sering kali meningalkan rasa tidak enak, baik pada si
penerimanya. Itu sebabnya, kritik harus di sampaikan dengan cara efektif
agar tidak menjadi ajang pelampiasan ego si pengritik atau malah
melukai perasaan si peneriam kritik. Seni penyampaian kritak yang benar
hendaknya berupa kritik membangun untuk menolong orang yang dikritik
malakukan tugas dengan baik. Ada tujuh cara hal yang harus diperhatikan
saat menyampaikan kritik
1. Berdua saja
Hnidarkan
mengkritik seseorang didepan umum. Bahkan, usahakan tidak mengatakan
kritikan tersebut apabila ada satu saja orang lain di sekitar situ yang
mungkin bisa mendengarkan. Karena hal itu bisa melukai ego orang yang di
kritak. Padahal, kalu anda ingin kritikan itu berhasil, jangan membuat
ego orang yang anda kritik melawan . Prinsipnya, kritiklah seseorang
dipungung umum, dan sapaikan pujiang di muka umum
2. Awali dengan pujian
Kata
kata manis dalam bentuk pujian mempunyai pengaruh dalam menciptakan
Suasana yang bersahabat. Ini akan membuat orang yang akan dirtitik
merasa senang dan mengendorkan petahanan dirinya. Pujian membuka pikiran
orang terhadap kritikan yang diberikan
3. Nothing’s personal
Kritiklah
perbuatanya, bukan orangnya. Dengan begitu, Anda tak hanya menjaga
perasaan orang yang anda kritik, tapi juga menyelamatkan egonya. Selain
mengarahkan kritikan anda pada perbuatannya, pada saat yang sama Anda
bisa memberikan pujian dan menguatkan egonya. Anda bisa mengatakan, Saya
tahu dari pengalaman yang lalu bahwa kesalahan ini tidak bisa terjdi
pada diri anda
4. Berikan jawaban
Ketika anda memberi tahu
orang laen tentang kesalahannya. Anda pun bekewajiban memberi tahu cara
melakukan yang bener. Penekana dari kritik anda sesunggunya bukan pada
kesalahanya, tapi pada cara memperbaikinya dan menghindarkan kesalahn
itu berulang kembali. salah satu keluhan terbesar dari orang yang
dikritik adalah “ saya tidak tahu apa yang di harapkan dari diri saya”
5. Jangan menuntut
Anda
akan mendapat kerja sama lebih besar dengan cara meminta dari pada
menuntut orang yanga anda kritik. Kalimat “ barsediakah anda
memperbaikinya ?” jauh terdengar lebih enak di telinga dan menimbulkan
rasa kesal, ketimbang anda mengatakan “ kerjakan sekali lagi dan kali
ini saya ingin anda mengerjakanya dengar benar!”. Anda akan mendapat
banyak hal positif jika merangsang keinginan orang yang anda kritik
untuk berubah dari pada mengeluarkan petintah agar ia berubah
6. Tak Perlu merambat
Meminta
perhatian atas suatu kesalahan hanya dapat dibenarkan satu kali.
Maksutnya, kritiklah sekali saja. Dua kali tidak perlu , tiga kali
menggangu. Ingatlah tujuan anda mengkritik adalah untuk menyelesaikan
pekerjaan, bukan untuk memenangkan pertarungan ego
7. Cara barsahabat
Persoalan
belum tuntas jika belum diseslesakian dengan baik dan dangan cara
bersahabat. Jangan biarakan persoalan menggantung dan baru dibahas lagi
di kemudian hari. “Ok, sepertinya kitia bisa mengatasi persoalan ini.
Anda pasti bisa dan saya pasti membantu.” Atau “ saya tahu saya bisa
mengandalkan anda” ini adalah aturan paling penting dari tujuh poin tadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar