Cara Memilih tempat atau lokasi usaha


Cara Memilih tempat atau lokasi usaha

Salah satu hal yang paling penting ketika anda hendak membuka usaha selain modal tentunya, adalah tempat atau lokasi . Ini sangat penting karena lokasi ini bisa menjadi salah satu factor kesuksesan usaha anda. Berikut sembilan hal yang harus dijadikan pertimbangan dalam memilih lokasi usaha


  1. Tingkat keaman yang mendukung.
Lokasi usaha yang aman juga menambah kenyamanan para konsumen. Konsumen akan memilih lokasi yang jauh dari gangguan orang – orang tidak bertanggung jawab. Misalnya lokasi parkiran yang aman atau kios jauh dari tangan – tangan jail.


  1. Pilih lokasi usaha yang tingkat kompetisinya rendah
Jika lokasi tersebut sudah banyak usaha yang sejenis dengan usaha anda, sebaiknya lokasi ini dihindari. Dengan begitu, pelanggan akan selalu datang ke lokasi usaha anda. Bila lokasi anda banyak usaha sejenis, dikhawatirkan akan terjadi bisnis yang kurang sehat. Contohnya perang harga, sehingga merugikan semua

  1. Banyaknya usaha yang mendukung lokasi tersebut
Semakin banyak usaha yang ada di sekitar lokasi, maka konsumen yang datang kelokasi tersebut juga semakin ramai. Seperti dilingkungan pasar atau dekat ruko

  1. Besar pendapatan masyarakat sekitar lokasi
Besar pendapatan masarakat yang ada di sekitar lokasi usaha juga mampu mempengaruhi usaha yang akan anda bangun. Sebab, tingkat pendapatan masyarakat juga akan berpengaruh terhadap daya beli konsumen

  1. Tingkat kepadatan penduduk sekitar lokasi
Usahakan memiliki lokasi usaha yang memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi, Semakin tinggi kepadatan penduduk di suatu lokasi, maka semakin besar pula potensi pasar sebuah usaha.

  1. Memperhatikan tingkat keramaian lalu lalang kendaraan yang lewat
Perhatikan trafik lalu lalang kendaraan atau pejalan kaki yang lewat, karena hal ini juga mempengaruhi jenis usaha yang cocok di daerah tersebut. Usahakan di pinggir jalan besar.

  1. Cocokkan dana dengan lokasi usaha yang akan dipilih
Biasanya lokasi usaha yang ada di keramaian sepeti mall, atau di pinggir jalan yang startegis harga sewanya lebih mahal dibandingkan lokasi usaha yang kurang strategis.

  1. Perhatikan pula akses menuju lokasi usaha
Usahakan pilih lokasi yang mudah di akses olah para konsumen. Jika memungkinkan, pilih lokasi usaha yang dilalui transportasi umum. Dengan begitu akan mudah konsumen datang ke tempat usaha anda.

  1. Perhatikan kebersihan lokasi usaha
Konsumen tidak akan mengunjungi sebuah toko, warung ataupun sebuah outlet yang berada di lingkungan kotor atau kumuh. Mereka lebih nyaman datang ke toko yang bersih. Karena kebersihan menggambarkan karakter pemilik toko.

Sumber : majalah Front Liners sumber gambar : tempat-usaha.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar